1. SEJARAH MOBIL LISTRIK
Mobil
listrik populer pada pertengahan abad ke-19 dan awal abad ke-20, ketika listrik
masih dipilih sebagai penggerak utama pada kendaraan. tapi kemudian
popularitasnya meredup karena teknologi mesin pembakaran dalam yang semakin
maju dan harga kendaraan berbahan bakar bensin yang semakin murah. Krisis
energi pada tahun 1970-an dan 1980-an pernah membangkitkan sedikit minat pada
mobil-mobil listrik, tapi baru pada tahun 2000-an lah para produsen kendaraan
baru menaruh perhatian yang serius pada kendaraan listrik listrik.
Sampai
bulan Novemver 2011, model-model listrik yang tersedia dan dijual di pasaran
beberapa negara adalah Tesla Roadster, REVAi, Renault Fluence Z.E., Buddy,
Mitsubishi i MiEV, Tazzari Zero, Nissan Leaf, Smart ED, Wheego Whip LiFe, Mia
listrik, dan BYD e6. Nissan Leaf, dengan penjualan lebih dari 20.000 unit di
seluruh dunia (sampai November 2011), dan Mitsubishi i-MiEV, dengan penjualan
global lebih dari 17.000 unit (sampai Oktober 2011), adalah kedua mobil listrik
paling laris di dunia. Sampai pada tahun 2011, harga mobil listrik masih jauh
lebih mahal bila dibandingkan dengan mobil bermesin pembakaran dalam biasa dan
kendaraan listrik hibrida karena harga baterai ion litium yang mahal.
2. PENFERTIAN MOBIL LISTRIK
Mobil listrik (elektrical car) adalah
mobil yang digerakan energi listrik.ada 2 cara penyimpanan pada mobil listrik
yaitu : menggunakan penyimpan energi listrik memakai baterai lithium-ion
baterai sistem ini tidak biasa dicharger ulang (plug-in) dan harus diganti
dengan baterai yang sama jika habis. yang kedua menggunakan penyimpan dengan
sejenisnya seperti PLUG-IN setelah habis
bisa dicharger ulang atau memakai energi listrik setelah mobil convensional
habis.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar